Kamis, 06 Juni 2013

BTR 4: Makro Fungi



Judul Pratikum : Macro Fungi
Tujuan : Menemukan ciri-ciri macro fungi dan ciri khas tiap spesies yang diamati



Ciri khas dari jamur ini adalah bentuknya yang hulat dan ditutupi semacam tdung, yang apabila mengembang mirip cawan berwarna coklat tua ke abu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda. Umumnya tumbuh di media yang merupakan sumber selulosa, misalnya pada tumpukan merang, ampas sagu, sisa kapas. Peranannya sebagai sumber makanan dan dapat dijadika obat.






 

Tubuh buah memiliki tangkai yang tumbuh menyamping. Permukaan tudung hampir licin, diameter 5-20 cm, bertepi tudung mulus sedikit berlekuk. Memiliki spora berbentuk batang. Habitatnya di hutan pegunungan , daerah yang sejuk atau batang pohon yang sudah lapuk. Peranannya sebagai sumber makanan.




Tumbuh saprofit, badan bah bertangkai panjang yang tumbuh lurus ke atas, topi dari bagian buahnya menempel pada tangkai tersebut. Bentuknya setengah lingkaran dan tumbuh mendatar. Tepinya berombak atau berlekuk, warna coklat merah keunguan. Habitat di batang kayu yang lapuk. Peranannya sebagai bahan obat. 




 

Memiliki tubuh buah kenyal, bagian tubh buah dari jamur kuping berbentuk seperti mangkuk atau kadang dengan cuping seperti kuping. Habitatnya menempel pada batang kayu yang sudah mati, atau membusuk di tempat basah dan kering. Peranannya sebagai bahan masakan dan obat tradisional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar